Berita terbaru untuk lagu | tangga lagu | rilis lagu | Lirik Lagu | Arti Lagu, dll yang diupdate terus dan selalu terbaru

Sunday 19 April 2009

Rokok Membunuh kita dan mengurangi umur kita.

Sebuah studi baru menyebutkan, kebiasaan merokok tidak hanya akan mempersingkat tingkat harapan hidup tapi juga memiliki dampak signifikan pada kualitas hidup di masa tua.

Sebuah studi di Finlandia yang dimuat dalam Archieves Internal Medicine telah mengevaluasi data dari 1.658 pria kulit putih yang lahir antara tahun 1919 dan 1934 dengan tingkat status sosioekonomik yang serupa. 

Studi dimulai tahun 1974 dengan kondisi kesehatan responden prima, setelah diteliti dan dievaluasi risiko penyakit jantung serta kebiasaan merokok. Setelah 26 tahun, survey menemukan 372 diantaranya telah meninggal.

Responden dan partisipan yang tidak pernah merokok, rata-rata memiliki usia 10 tahun lebih lama dibanding perokok berat - didefinisikan mengkonsumsi rokok 20 batang sehari. 

Kualitas hidup partisipan yang masih hidup, diukur kesehatan dan kualitas hidupnya. Baik dari kategori fisik, keterbatasan aktivitas akibat masalah kesehatan, emosi, fungsi sosial, kemapanan emosi, faktor kelelahan dan kesehatan secara umum.

Dari hasil survey tersebut, disimpulkan adanya perbedaan menyolok antara orang yang tidak pernah merokok dengan perokok berat. Dua kategori yang memiliki perbedaan mencolok, yaitu dari fungsi fisik dan keterbatasan aktivitas karena masalah kesehatan.

Meski 70 persen perokok berat telah berhenti merokok di tahun 2000, namun penelitian memperlihatkan adanya akibat dari merokok yang dapat menyebabkan masalah serius baik kematian maupun kualitas hidup.

(Nazz/medicinenet)
Share/Save/Bookmark
Posted by: aroeltsm aroeltsm.blogspot.com, Updated at: 8:51 pm

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan disini

Post Populer