Berita terbaru untuk lagu | tangga lagu | rilis lagu | Lirik Lagu | Arti Lagu, dll yang diupdate terus dan selalu terbaru

Sunday 9 November 2008

Mati Syahid

Jarot Suprayitno

Definisi syuhada atau mati syahid, adalah orang yang berjuang karena Allah dan untuk kepentingan agama. Kalau dalam kondisi damai, lalu membunuh, termasuk suhadakah amrozi cs yang minggu dini hari ditembak mati karena terlibat pengeboman bali yang menewaskan 202 jiwa?

Sebuah pesan pendek dari Bali terbaca getir. “Bli, para tamu batal datang. Mereka takut!” Dari sms yang datang berikutnya barulah saya mafhum, para tamu itu pelancong Australia yang batal berkunjung ke Pulau Dewata karena takut ancaman teror setelah Amrozi Cs tewas di depan regu tembak, (9/11).

Pesan pendek itu berasal dari Wayan Buana. Perjalanan hidupnya mirip ombak di Pantai Kuta. Ia pernah menjadi bartender, kemudian memiliki biro perjalanan wisata. Ketika Amrozi meledakkan Bali pada pertengahan Oktober 2002, Wayan Buana terpaksa merintis usaha dari nol sebagai guide.

Tapi tak hanya dia yang bangkrut, karena mereka yang tinggal di Pulau Dewata hampir sepenuhnya menggantungkan hidup dari bisnis pariwisata. Sari Club, yang menjadi target pengeboman Amrozi Cs, termasuk salah satu di antaranya.

Dulu, setiap akhir pekan, SC –nama populer Sari Club– sarat dengan pelancong. Tak hanya dari mancanegara, wisatawan domestik pun kerap menghabiskan liburannya di sini hingga dini hari. Taglinenya, “Jika lewat Legian, jangan lupa mampir ke SC!”

SC pun menjadi magnet sekaligus muara bisnis dalam pariwisata. Karenanya, sampai sekarang pun saya belum bisa memahami motif pengeboman Amrozi Cs. Benarkah SC simbol kekafiran yang harus dimusnahkan? Mungkinkah sebuah bom mampu memilah-milah mana wisatawan bule, pribumi serta pedagang asongan yang setiap minggu berjualan cinderamata di depan SC sekadar mencari uang receh wisatawan?

Dalam surat wasiatnya, Mukhlas alias Ali Gufron tetap meyakini tindakannya itu jihad, berperang di jalan Allah. “Wahai saudaraku kaum Muslimin. Ingat dan ketahuilah bahwasanya eksekusi mati terhadap seorang muslim karena Islamnya, karena imannya, dan terhadap mujahid karena jihadnya, adalah perbuatan kriminal yang maha jahat. Jadi para pelaku (eksekutor) serba rugi di dunia dan di akhirat.”

Ketiga terpidana mati itu merasa akan menjadi syuhada (mati sahid). Pemahaman jihad selama ini memicu perbedaan pendapat, cenderung salah kaprah. Definisi syuhada atau mati syahid, menurut Ketua MUI Umar Shihab, adalah orang yang berjuang karena Allah dan untuk kepentingan agama. Kalau dalam kondisi damai, lalu membunuh, termasuk suhadakah amrozi cs yang minggu dini hari ditembak mati karena terlibat pengeboman bali yang menewaskan 202 jiwa?

Dari tuntutan Al Quran maupun hadis yang menekankan berjihad melalui harta (ataupun jalan damai lainnya), saya meyakini Amrozi Cs adalah teroris!!! Penebar teror bagi sesama umat-Nya. Aksi mereka bukan untuk kemaslahatan umat, melainkan untuk kelompoknya sendiri.

sumber : http://blog.liputan6.com


Share/Save/Bookmark
Posted by: aroeltsm aroeltsm.blogspot.com, Updated at: 2:53 am

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan disini

Post Populer